Fakta Tentang Maria Sharapova Sebelum Mengundurkan Diri

Maria Sharapova

Siapa yang tidak kenal Maria Sharapova? Hampir semua pencinta tennis mengenalnya. Petenis cantik ini selalu mendapatkan sorotan dari media. Tentunya dengan segudang prestasi dan berbagai keputusan dan gaya hidup yang cukup mengejutkan.

Pada Rabu 26 Februari 2020, Maria Sharapova mengundurkan diri dari dunia tenis di sebuah kolom eksklusif untuk Vanity Fair dan Vogue. Terlepas dari berita Sharapova gantung raket, tercatat ada 7 fakta menarik yang cukup sayang jika tidak diulas. Memangnya apa saja itu?

Mendapat Gelar Grand Slam Pertama pada Usia 17 Tahun
Maria Sharapova sejatinya sudah menggeluti olahraga tenis sejak usia belia. Ia mulai diberikan raket pertama kalinya oleh sang ayah. Semenjak itu, wanita yang kini berusia 32 tahun ini memilih berlatih secara otodidak sebelum dilatih oleh Yri Yutkin. Sharapova pun mulai mengikuti berbagai turnamen pada tahun 2000.
Tidak butuh waktu lama Ia pun berhasil memenangkan gelar Grand Slam pertamanya. Tepatnya pada tahun 2004 di pentas Wimbledon saat usianya masih 17 tahun. Inilah awal mula namanya semakin dikenal publik. Dan hal ini juga membuat Sharapova menjadi petenis wanita muda ketiga yang berhasil membawa trofi Venus Rosewater Dish.

Meraih Lima Gelar Grand Slam
Prestasi yang ditorehkan petenis cantik asal Rusia ini pun tidak main-main. Mulai terjun pada turnamen profesional sejak 2003, berbagai prestasi gemilang pun berhasil ditorehkannya. Hal ini bisa dilihat dari lima gelar Grand Slam yang berhasil diraihnya.
Kelima gelar Grand Slam yang berhasil diraih Sharapova adalah Wimbledon serta WTA Tour Championship 2004. Amerika Terbuka 2006. Australia Terbuka 2008. Kemudian Prancis terbuka pada 2012 dan 2014.

Peringkat Satu Dunia selama 21 Pekan
Karier cemerlangnya di dunia tenis pun sempat mengantarkannya menjadi petenis peringkat satu dunia. Sharapova sempat menempati ringking satu dunia selama 21 pekan. Ia pun pernah mendapatkan medali perak pada Olimpiade London 2012.
Berhasil menempati ringking satu dunia tentu saja angka kemenangan yang diraihnya tidak main-main. Petenis berparas cantik ini berhasil mencatatkan kemenangan sebanyak 645 kali dan kalah sebanyak 171 kali selama karier profesionalnya.

Petenis Wanita dengan Penampilan Modis
Sharapova dikenal selalu berpenampilan modis. Penampilannya di Amerika Terbuka 2006 sempat menjadi buah bibir yang banyak dibicarakan. Bahkan tidak hanya dikalangan pencinta tenis saja.

Pada saat itu, Sharapova tampil dengan seragam berwarna hitam yang memiliki model layaknya gaun malam. Tidak berhenti di situ saja, seragamnya yang sangat terinspirasi dari aktris Audrey Hepburn juga dihias dengan berbagai kristal yangcantik pada di kerahnya.

Atlet Wanita Berpenghasilan Tertinggi
Setelah berhasil mendapatkan Grand Slam pertamanya di usia 17 tahun, nama Sharapova memang langsung melejit. Bahkan Ia pernah ditetapkan sebagai atlet wanita dengan penghasilan tertinggi selama 11 tahun berturut-turut versi majalah Forbes.
Sumber penghasilan terbesar Sharapova justru berasal dari sponsor brand olahraga ternama. Wajar saja sebab Ia dikenal sebagai atlet wanita yang paling menjual di dunia. Sehingga tidak mengherankan jika banyak brand-brand papan atas dunia yang menggunakan jasanya.

Lebarkan Karier di Dunia Bisnis
Sukses berkarier di dunia olahraga tampaknya belum membuat petenis cantik ini puas. Sharapova mencoba peruntungannya di dunia bisnis. Ia pernah mengeluarkan permen bernama Sugerpova bersama rekannya Jeff Rubin.

Sebuah permen yang didefinisikan sebagai permen kelas atas. Ia menuturkan jika Sugerpova memiliki arti yang menyenangkan, modis, dan terdapat sisi manis dari sang petenis berparas cantik tersebut.

Sempat Tersandung Kasus Doping
Tidak hanya prestasi yang menjadi teman perjalanan kariernya di tenis. Sharapova juga sempat tersandung kasus doping. Tepatnya pada tahun 2016. Ia gagal melewati tes doping menjelang Australia Terbuka 2016.

Selain itu Maria Sharapova pun diketahui positif mengonsumsi meldonium sejak 2006. Akibatnya, Ia sempat mendapatkan sanksi larangan tampil selama 15 bulan. Itulah sekilas mengenai fakta unik tentang petenis cantik tersebut.

Akhirnya Maria Sharapova mengundurkan diri dari Tennis yang sudah membesarkan namanya.

Leave a Reply